in

3 Jam kulineran di Gading Serpong: Dari Soto Betawi Sampe Pisang Srikaya!

Beberapa waktu lalu, kami sempat berkunjung ke Gading Serpong untuk kulineran Bersama teman foodies kami, namanya Ucha dari The Lucky Belly. Tadinya ingin kulineran malam, tapi apa daya kami yang sama sama sedang menyelesaikan pekerjaan terbentur oleh waktu sehingga akhirnya kami putuskan untuk kulineran express dalam waktu hanya 3 jam keesokan harinya. Kenapa cuman 3 jam? Karena hari itu kami harus ke airport dan takut telat ketinggalan pesawat. Hahahaa. Jadi apa aja yang kami dapat dalam waktu 3 jam? Yuk baca cerita lengkapnya!

Atria-Residences-Gading-Serpong-Exterior
Atria Residences Gading Serpong Tempat kami menginap selama di Tanggerang (Image credit www.atriaresidencesserpong.com)

Kami dijemput Ucha di lobby Atria Hotel and Residences di area Gading Serpong tepat jam 9 pagi dan langsung tancap gas ke Ruko dikawasan Alam Sutera untuk cobain Nasi Tim dan Mie Ayam yang katanya enak banget! Nama kedainya adalah Rumah Makan Kalimantan, cabang Puncak – Cipanas.

Tampak Luar Rumah Makan kalimantan – Ini Rumah makan pertama yang kami coba!

Ini dia menu menunya :

Pangsit Rebus (Image by @the.lucky.belly)

Seporsi pangsit Rebus ini harganya 28ribu dengan isi sekitar 10pcs. Rasa pangsit rebusnya enak, lembut dengan isian daging ayam yang gurih.

Mie Ayam

Mie ayamnya juga enak! Tekstur mienya kenyal – lembut dengan kuah kaldu yang juga gurih. Harga semangkuk mie ayam polos ini 26ribu rupiah.

Nasi Tim (Image by @The.Lucky.Belly)

Nasi Tim ini menurut kami menu istimewa. Nasi enak banget! Rasa kaldunya meresap kedalam nasi dengan sempurna. Jadi nyesel hanya beli sepiring. Hahaha. Harga seporsi nasi tim ini 35ribu rupiah.
RUMAH MAKAN KALIMANTAN
Ruko Alam Sutera Town Center,
Blok 10F No. 8, Serpong Utara, Tangerang

Daging oseng gurih ditambah kuah santan nikmat!

Setelah puas menikmati makanan di Rumah makan Kalimantan, kami melanjutkan perjalanan kearah Jalan Pahlawan Seribu untuk nyobain Soto Betawi Haji Mamat. Soto Betawi ini terkenal banget dan punya banyak cabang, bahkan ada yang di dalam mall juga. Tapi kali ini kami cukup beruntung karena bisa nyobain soto ini langsung dari tempat asalnya. Sebuah warung makan sederhana yang menyimpan kelezatan luar biasa.
Kami memesan 2 porsi soto yang masing masing terdiri dari sepiring daging sapi yang sudah di oseng dengan bawang, lada, dan cabai segar, dan juga semangkuk kuah santan hangat dengan taburan emping khas soto Betawi. Kami semua beradu pandang sambal tersenyum dan mulai menikmati makanan ini. Dari wanginya saja kami sudah menduga bahwa ini enak banget! Dagingnya empuk gurih dan terasa klop banget ketika dinikmati dengan nasi putih hangat dan kuah santan gurih. Nggak sampai 10 menit, makananpun ludes bersih tak bersisa. Ada rasa ingin nambah lagi, tapi mengingat bahwa masih ada tujuan kuliner selanjutnya, kamipun mengurungkan niat untuk pesan lagi. Hehehe.
SOTO BETAWI HAJI MAMAT
Jl. Raya Rawa Buntu No.135,
Rw. Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan,
Banten 15310

Pasar-Modern-BSD
Pasar Modern BSD – Image by www.whatsnewjakarta.com

Sebenarnya perut sudah mulai penuh usai menyantap nasi tim, mie ayam, pangsit basah, dan juga soto Betawi, tapi Ucha masih ingin mengajak kami lanjut ke pasar modern BSD untuk nyari cemilan. Katanya ada roti yang lagi hits dan pisang srikaya enak yang wajib dicobain mumpung sudah di Serpong. Karena merasa tertantang, jadilah kami setuju dan segera menuju ke BSD.

Setibanya di Pasar Modern BSD, jajanan pertama yang kami coba adalah Roti Nogat. Ini adalah roti yang katanya lagi hits banget. Semacam roti gandum yang di toast sebentar, kemudian diolesin butter cream dan topping sesuai dengan pilihan. Bisa pilih topping apa aja, mulai dari milo, nogat, meses, hingga yang savory seperti telur kornet. Rotinya enak deh! Lembut dan tastenya bisa ngeblend bgt sama toppingnya. Yang saya suka dari roti ini adalah, toppingnya gak pelit. Ngasihnya kaya gak pake mikir.. itu topping banyak banget sampe tumpah tumpah. Ngeliatnya aja udah foodgasm banget! Seporsi roti ini dijual 24ribu aja. Bisa beli setengah bahkan seperempat. FYI, ukuran rotinya cukup gede. Mungkin kalau dimakan sendirian, seperempat atau setengah aja udah kenyang banget.

Toppingnya melimpah!
Rotinya lembut banget!

Masih belum kelar nih di pasar modern BSD, kami melanjutkan wisata kuliner kami dengan mencoba pisang srikaya disisi lain pasar. Ini semacam pisang kipas yang dibentuk melingkar, digoreng dengan tepung, kemudian setelah matang dibelah dua sisi dan diolesi dengan selai srikaya dan juga butter. Alamak! Ini kenikmatan hakiki! Bayangin aja pisang goreng enak dengan paduan rasa selai srikaya homemade dan lembutnya mentega. Top banget! Wajib dicoba kalau kamu lagi di daerah serpong.
[wpvideo Iu75ystO]
Waktu udah menunjukkan jam 12 dan kami udah harus buru buru balik ke hotel untuk check out dan bersiap ke airport. Tapi sebelum meninggalkan pasar, kami masih sempat membeli 2 biji siomay (yang saya lupa nama warungnya – dan kemudian saya makan siomay ini di airport dengan perasaan menyesal kenapa gak beli lebih banyak… ini siomay enak banget loh!) untuk bekal dijalan. Hihihi…. Puas banget kulineran di Serpong, walau hanya 3 jam… tapi beneran bikin perut dan hati bahagia!