in , , ,

3 Makanan di Singapura yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia, Kamu Mau Coba?

Liburan memang tak bisa lepas dari yang namanya makan-makan. Setelah lelah seharian keliling kota tempat kamu berlibur, pasti yang terpikir adalah makanan lezat yang siap menggoyang lidah kamu. Nah, buat teman liburan yang punya rencana ke Singapura dalam waktu dekat, kudu baca artikel ini sampai habis! Karena tim pergiliburan akan kasih kamu daftar makanan yang cocok buat lidah orang Indonesia. Jadi, nggak perlu khawatir buat coba, karena mirip sama makanan di Indonesia lho!

Nasi Lemak

Foto oleh @lushgurldiary

Nasi lemak adalah makanan khas Malaysia, tapi cukup populer juga di Singapura. Hampir setiap pusat makanan di Singapura menyediakan menu nasi lemak. Nama nasi lemak dipakai karena proses pembuatan nasi yang menggunakan santan. Itu sebabnya, terasa lebih gurih dan wangi. Biasanya nasi lemak dihidangkan bersama ayam goreng, otak-otak, telur goreng, perkedel kentang, ikan teri, dan sambal terasi. Kalau dibandingkan dengan di Indonesia, makanan ini mirip sekali dengan nasi uduk ya teman liburan! Hanya saja lauk pendampinya yang sedikit berbeda. Nasi uduk biasa dihidangkan bersama lauk jengkol, semur tahu, dan semur tempe atau tempe goreng.

Rekomendasi: Selera Rasa Nasi Lemak (Sabtu-Kamis 07.00-17.00)
Harga: 2.90 SGD-5.90 SGD
MRT terdekat: Botanic Gardens

Hainanese Curry Rice

Foto oleh @adambmetal

Terlihat dari tampilannya saja sudah menggoda kan teman liburan? Bisa dibilang ini salah satu comfort food buat tim pergiliburan. Siapa sih yang nggak suka potongan ayam yang digoreng lalu diberi saus kari? Terlalu nikmat buat dilewatin! Selain ayam, kamu juga bisa pilih daging babi, ikan, udang, dan berbagai macam sayuran sebagai pendamping. Dengan sangat lincah, si penjual akan memotong lauk pesanan kamu dengan gunting besar. Jangan lupa juga untuk minta extra saus kari ya teman liburan! Saus kari yang ringan dan sedikit pedas ini memang bisa buat ketagihan.

Rekomendasi: Beach Road Scissor Cut Curry Rice (Setiap hari 11.00-03.30)
Harga: 3 SGD- 5 SGD
MRT terdekat: Farrer Park atau Lavender

Bak Kut Teh

Foto oleh @irene_zhaozheling

Berbeda dengan dua kedai makanan sebelumnya, kedai yang menjual Bak Kut Teh ini tidak menerapkan sistem selfservice. Buat teman liburan yang belum tau, kedai-kedai makanan di Singapura hampir semua menggunakan sistem selfservice. Setiap membeli makanan, kamu harus membayar dan membawa langsung makanan yang kamu pesan ke meja makan yang sudah disediakan. Setelah makan, kamu juga harus membawa piring bekas pakai ke petugas untuk dicuci.

Jangan kira kalau makanan ini terbuat dari teh ya teman liburan! Bak Kut Teh itu terbuat dari iga babi yang direbus lama bersama campuran lada, bawang putih, dan garam hingga dagingnya empuk. Nah, kalau kata ‘teh‘ itu digunakan karena orang-orang biasa meminum teh pahit setelah makan Bak Kut Teh untuk menghilangkan lemak-lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Bak Kut Teh biasa dihidangkan bersama nasi dan lauk pendamping khas orang Chinese seperti Braised Beancurd, Salted Vegetable, Watercress in Oyster Sauce, dan Fried Dough Stick. Daging yang empuk, dicocol kedalam soy sauce dan dimakan bersama nasi hangat sungguh dijamin bisa jadi sarapan terbaik kamu di Singapura.

Rekomendasi: Outram Park Yahua Rou Gu Cha (Selasa-Minggu 07.00-04.00)
Harga: Ribs Soup (8 SGD), Watercress in Oyster Sauce (5 SGD), Fried Dough Stick (2 SGD)
MRT terdekat: Tanjong Pagar

Nah, itu dia 3 makanan versi tim pergiliburan yang cocok buat lidah orang Indonesia. Jika teman liburan berencana ke Singapura jangan lupa untuk masukin ketiga daftar tadi ke itenerary kamu ya! Dijamin pulang-pulang bakal kangen deh. Soalnya nikmat sih. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 Kudapan yang Pernah “Booming” Tahun 2018, Sudah Pernah Coba Belum?

Film Indonesia yang Wajib Ditonton Diawal Tahun 2019!