in , , ,

8 Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Menginap di Hotel

Bagi teman liburan yang hobi berlibur “low budget”, pastinya akan memilih tempat menginap yang memiliki fasilitas standar namun masih nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat. Contohnya guest house, hotel kapsul, atau hotel budget. Namun jika kamu tipikal yang suka berlibur dengan akomodasi yang mewah, memilih hotel dengan fasilitas yang lengkap adalah suatu keharusan. Menikmati suasana dan fasilitas di hotel berbintang sangatlah menyenangkan. Tapi tahukah kamu, kalau ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menginap di hotel? Berikut tim pergiliburan rangkum untuk kamu. Cekidot!

Dilarang Merokok

8 Hal yang Tak Boleh Dilakukan di Hotel
Dilarang merokok di dalam kamar hotel. Foto oleh Ann H.

Bukan hanya di hotel, peraturan dilarang merokok juga diterapkan di tempat-tempat umum. Jadi jika teman liburan datang ke tempat umum, diharapkan untuk tidak merokok. Banyak anak-anak dan lansia yang seharusnya tidak menjadi perokok pasif. Sama halnya saat berada di hotel, kalau teman liburan bisa menaati peraturan untuk tidak merokok, kawasan hotel jadi terkurangi asap rokok. Namun ada juga beberapa hotel yang memberikan ruang yang boleh atau bebas digunakan untuk merokok.

Dilarang Membawa Tamu dengan Jumlah yang Tidak Sesuai

Perhatikan kapasitas kamar hotel
Perhatikan kapasitas kamar hotel saat memesannya. Foto oleh Retha Ferguson.

Entah karena kurang paham atau memang sengaja tidak mengikuti aturan. Masih saja banyak pengunjung yang bermasalah dengan aturan yang satu ini. Teman liburan tidak boleh membawa teman atau keluarga untuk ikut menginap di kamar jika tidak sesuai dengan kapasitas yang diberikan oleh hotel. Kecuali hotel tersebut menyediakan extra bed, dan kamu sudah memesannya terlebih dahulu.

Dilarang Memasak di Area yang Tidak Diperbolehkan

Dilarang memasak tanpa peralatan yang tepat di Kamar Hotel
Dilarang memasak tanpa peralatan yang tepat. Foto oleh Pixabay.

Cari tahu fasilitas apa saja yang ada di tempat menginapmu sebelum memesan ya teman liburan. Jangan sampai demi menghemat saat berlibur, teman liburan membawa alat masak portable lalu memasak di dalam hotel. Padahal hotel tempat kamu menginap tidak menyediakan fasilitas dapur. Memasak di dalam hotel yang tak dilengkapi dapur bisa memicu alarm kebarakan atau yang paling berbahaya bisa memicu kebakaran di kamarmu sendiri. Ini juga bisa menimbulkan masalah bagi pihak hotel dan kenyamanan pengunjung lainnya. Selain itu, hindari juga memasak dengan alat yang bukan seharusnya. Contohnya, memasak mie instan di mesin pemanas air untuk teh dan kopi. Jadi, konsumsilah makanan yang tidak perlu dimasak saat menginap di hotel.

Jangan Meninggalkan Barang Berharga

Jangan meninggalkan barang berharga di dalam kamar hotel.
Jangan meninggalkan barang berharga di dalam kamar hotel. Foto oleh Pixabay.

Beberapa orang kadang merasa, nggak afdol rasanya kalau liburan tidak membawa laptop atau gadget lainnya. Ada juga yang sering membawa barang-barang berharganya karena takut untuk meninggalkannya dirumah. Sebaiknya barang-barang tersebut jangan ditinggal begitu saja di dalam kamar ya teman liburan meskipun kamu sudah menguncinya. Atau kamu bisa memakai fasilitas box  dengan kode kunci pengaman yang sudah disediakan hotel.

Dilarang Membawa Binatang Peliharaan ke Dalam Hotel

Dilarang membawa binatang peliharaan.
Dilarang membawa binatang peliharaan. Foto oleh Burst.

Tidak tega meninggalkan peliharaan kesayangan dirumah sendirian saat liburan, nggak lantas membuat kamu membawa binatang ke hotel tempat kamu menginap ya teman liburan. Kebanyakan hotel tidak mengijinkan tamunya untuk membawa binatang ke dalam sebab binatang akan meninggalkan jejak, dari bulu hingga bau. Nah, jika tak mau itu terjadi, teman liburan bisa menitipkan binatang peliharaan kesayangan kamu di tempat penitipan khusus hewan selama pergi berlibur.

Dilarang Membawa Makanan yang Berbau Menyengat ke Kamar Hotel

Contoh makanan yang berbau menyengat dilarang masuk ke hotel
Contoh makanan yang berbau menyengat. Foto oleh Jim Teo.

Tidak ada larangan untuk membawa makanan dari luar lalu memakannya di dalam kamar hotel, hanya saja ada baiknya teman liburan menghindari jenis makanan yang memiliki bau menyengat. Contoh yang paling sering disebut adalah durian. Makanan yang mengeluarkan bau menyengat akan menyebabkan pengunjung lain yang tidak menyukai baunya akan merasa terganggu. Bau menyengat dari makanan juga sulit hilang di bagian dalam hotel.

Dilarang Membawa Pulang Barang yang Tidak Diperbolehkan dari Hotel

Dilarang membawa barang kamar hotel
Foto oleh Pixabay.

Jika teman liburan sedang menginap di hotel, ada baiknya mencari tahu barang apa saja yang diperuntukan bagi pengunjung dan boleh dibawa pulang. Sebab kalau tidak, teman liburan akan terkena masalah saat check out dari hotel. Barang-barang yang boleh dibawa pulang adalah sandal, shampoo, sabun, dan perlengkapan mandi. Namun barang-barang lain seperti baju mandi (bathrobe), handuk, bantal, selimut, gelas dan masih banyak lagi tidak diperbolehkan untuk dibawa pulang.

Jangan Sampai Terlambat Waktu Check Out 

Jangan terlambat check out
Foto oleh Pixabay.

Bersantai sambil menikmati fasilitas di hotel memang suka bikin lupa waktu. Tapi jangan sampai itu membuat teman liburan terlambat untuk check out dari hotel tempat kamu menginap ya. Biasanya batas waktu yang diberikan oleh hotel adalah pukul 12 siang dan kamu hanya diberi toleransi waktu 30 menit. Jika lewat dari jam yang sudah ditentukan dan teman liburan masih belum melakukan check out maka pihak hotel akan membebankan biaya tambahan overtime.

Itu tadi delapan hal yang perlu teman liburan perhatikan saat menginap di hotel, jangan sampai kamu tidak mengikuti aturannya ya! Karena itu bisa bikin kamu terkena masalah saat check out atau lebih ngerinya lagi kamu akan dikenakan denda yang lumayan banyak, lho. (mas)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Chè Khánh Vy, Surganya Kudapan Manis di Saigon