in

Ide kreatif anti gabut selama PPKM

Ide kreatif anti gabut selama PPKM

PPKM adalah halangan terbesar kita dan kalian tahun ini (dan tahun-tahun sebelumnya). Bagaimana tidak, kalian para pelancong yang berjiwa penjelajah harus stay di rumah aja seharian, dalam kurun waktu tertentu (yang kadang bisa diperpanjang kapan saja). Bosen gak? Bosen Gak? Bosen gak? Ya bosen lah…masa nggak?!

Gabut

Tapi satu hal yang harus kita ketahui adalah, ini bertujuan supaya kita sama-sama aman. Nggak ada yang bisa kita lakukan selain menjaga kesehatan diri sendiri dan mematuhi peraturan pemerintah. Jadilah warga negara yang baik. Please, biar semua halangan ini segera berakhir.

Nah…berhubung di rumah aja, kali ini mimin mengajak kalian semua untuk menyikapi ini dari sudut pandang berbeda. melihat dari sudut pandang fun. PPKM seperti memberikan kita ruang dan waktu untuk memperhatikan hal-hal yang jarang atau bahkan sama sekali nggak tersentuh selama ini gara-gara kita asik di luar, asik kemana-mana.

Coba cek sekitar, cek pojokan rumah, cek sudut ruangan yang nggak pernah sekalipun terpikirkan ada apa di sana selama ini. Sebagai bahan pertimbangan, ini beberapa ide kreatif yang mimin kumpulin buat kalian, siapa tahu bisa jadi inspirasi!

1. Dekor ulang kamar / sudut ruangan.

Hey kalian anak lancong yang jarang di rumah, sekaranglah saatnya menata ulang kamar atau ruangan favorit kalian. Sortir lagi barang-barang tak terpakai yang selama ini mungkin menuh-menuhin ruangan.

Cat ruangan

Ada juga yang mau ganti cat tembok, atau masang wallpaper, atau ornamen lain, Sok atuh! Silahkan, di masa-masa inilah saatnya. Realisasikan imajinasi kalian selama ini. Jadikan ruangan impian supaya bisa jadi spot kece untuk merenung, spot foto atau hal-hal kreatif lainya.

2. Waktunya bercocok tanam!

Gara-gara pembatasan kegiatan yang berjilid-jilid sebelumnya dan WFH, orang-orang pada latah hobi bercocok tanam. So what? Nggak ada yang salah. Ada yang suka hidrponik, ada yang bermanja-manja sama tanaman hias macam Monstera dll. Sampai-sampai ada yang ngajak tanaman ngomong (Ini nggak jelas sih antara stress karena PPKM atau memang bisa bahasa tanaman..haha).

Manjain tanaman hias

Nggak perlu modal banyak dulu. Mulai aja dari barang-barang bekas di rumah, seperti botol air mineral yang dicat warna-warni, atau ada tabungan dikit beli post kece yang bertebaran di marketplace. Atau coba tanya si Udin, tetangga kalian mendadak yang jadi juragan pot tanaman karena untungnya menggiurkan, kali aja dikasih diskon.

Berkreasi dengan tanaman

Cek lagi halaman kalian, siapa tahu ada tanaman-tanaman kece yang ga terurus, pindahin ke pot. Siram dan manjakan setiap hari. Untuk beberapa orang, hal ini bisa mengurangi tingkat stress lho. Kalau kalian memang dasarnya suka tanaman dan semacamnya, mimin yakin sih ini akan membantu kalian lebih rileks. Karena ada tanaman ini, tiap bangun pagi jadi punya aktivitas baru. Nyiram dan nyemprot tanaman itu menyenangkan lho.

3. Bagaimana kalau bikin kolam atau aquarium?

Hobi-hobi yang berhubungan dengan air memang bikin adem! Yang demen banget sama ikan hias, akan lebih seneng punya lebih banyak waktu di rumah. Yang punya banyak modal, ngikutin trend aquascape atau menata printilan aquarium bisa jadi hal paling menyenangkan.

Aquarium

Yang kebetulan punya kolam ikan juga bisa jadikan ini sebagai bahan kesibukan kalian lho. Selama ini mungkin kolamnya keruh, tak tersentuh, malah nggak tahu ada ikannya apa nggak. Cuss cek, bersihin tanaman dan lumutnya, ganti air dan tambahin ikan hiasnya. Beliin air mancur tenaga surya juga bisa jadi hal kecil yang menyenangkan. Banyak yang jual di marketplace.

Ikan Hias

4. Masak-Masak guys.

Kalian yang hobi makan, hobi bikin kue, demen bereksperimen dengan resep-resep baru dan sejenisnya….inilah saatnya. Punya banyak waktu di rumah tentu menyenangkan untuk mulai sibuk-sibuk ria di dapur. Siapa tahu, dengan tekun bisa kalian terusin suatu saat nanti. Bisa jadi bisnis, siapa tahu kan?

Baking

Masak di rumah

5. Olahraga Ringan yuk.

Sebenarnya, sekarang nggak ada alasan nggak ada waktu buat olahraga. Itu alasan yang sangat basi, apalagi di masa PPKM ini. Yuk lah muali rutin gerak dikit lah, paling nggak 30 menit setiap hari kita alokasikan dengan olahraga ringan di rumah. Lagipula, ini bermanfaat buat kita supaya tetap fit.

Olahraga di rumah

6. Konten, konten, konten.

Nah para konten kreator nih, biasanya idenya ga habis-habis. Banyak waktu kosong di rumah bisa dimanfaatin untuk bikin konten foto atau video. Apalagi sekarang platform digital makin beragam untuk nunjukkin karya kalian.

Kerja kayu

Selain Youtube pastinya, ada Instagram Reel dan TikTok yang bener-bener memanjakan kalian dengan berbagai fiturnya. Atau buat kalian yang suka bereksperimen, ada banyak waktu buat nonton tutorial, cobain hal-hal baru yang bisa kalian lakukan dari rumah.

Manual Brew

Atau mungkin segala hal yang kalian lakukan di rumah seperti masak, bercocok tanam, dekor kamar, olahraga, self make up, manual brew dan ngeracik kopi, dll bisa dijadikan konten. Pasti seru banget!!

Make Up

Fotografi

Itu beberapa hal yang semoga bisa memberikan kalian inspirasi ya. Kalau ada ide atau tambahan lain, cuss silahkan kasihtahu mimin di kolom komentar.

Buat konten

Akhir kata, semoga pandemi ini segera berakhir, nggak ada lagi PPKM darurat, PPKM episode selanjutnya dan lain-lain, supaya kita bisa beraktifitas normal lagi. tetap jaga kesehatan ya teman-teman, jangan malas, tetap kreatif dan semangat!! (tam)

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Berwisata ke Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang