in , , ,

Kuliner Legendaris Cikini, Tak Hanya Sekedar Cerita

Kuliner Legendaris Cikini

Cikini di Jakarta Pusat adalah salah satu spot kuliner favorit tim Pergiliburan. Alasannya sederhana, banyak kuliner legendaris dengan rasa istimewa yang tak hanya sekedar cerita. Mau tau apa aja? Yuk kita bahas satu-persatu kuliner legendaris di Cikini !

Nasi Uduk Gondangdia

Kuliner Legendaris Cikini : Nasi uduk Gondangdia dengan Tempe, tahu, Ayam, Pete dan sambal
Foto oleh @ericekos

Bagi pecinta nasi uduk, kami yakin kalian pasti sudah pernah coba nasi uduk Gondangdia. Tapi untuk yang belum pernah coba, silahkan masukkan tempat ini ke daftar kulineran kamu.

Kuliner Legendaris Cikini : Nasi Uduk Gondangdia dengan ayam goreng, pete dan tempe
Foto oleh @foodinframebali

Nasinya pulen, gurih santannya sangat menggoda dan harum, dibungkus dengan daun pisang sehingga aromanya makin kuat. Pilihan lauknya beragam mulai dari tempe, tahu, ayam, babat, bebek, pete, empal, paru, telor muda, dan masih banyak lagi. Sambalnya juga enak. Dijamin sebungkus gak bakal cukup.

Soto Betawi Haji Ma’ruf

Kuliner Legendaris Cikini : Papan Nama Soto Betawi H. Ma'Ruf di pintu masuk
Foto oleh tim @pergiliburan

Soto Betawi yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940-an cabang utamanya ada di Taman Ismail Marzuki, tapi selain di TIM, ada cabang lain di Cikini.

Kuliner Legendaris Cikini : Tangan kiri mengangkat sendok yang berisi daging soto betawi
Foto oleh tim @pergiliburan

Potongan daging sapinya besar-besar. Kita bisa pilih mau isian daging saja atau campur dengan jeroan. Kuah santannya gurih. Jangan lupa tambahkan sambal dan perasan jeruk limo kedalam kuahnya. Dijamin makin segar dan gurih!

Gado–Gado Bonbin

Kuliner Legendaris Cikini : Tampak depan ruko Gado-gado Bon Bin
Foto oleh tim @pergiliburan

Kedai makanan yang sudah ada sejak tahun 1960 ini sampai sekarang masih eksis dan tetap melayani para pecinta gado-gado. Terletak persis di pinggir jalan Cikini IV, kedai ini selalu ramai oleh pengunjung. Saat masuk, teman liburan akan disambut suasana klasik gaya rumah makan jaman dulu. Homey!

Kuliner Legendaris Cikini : Pedagang sedang menambhakan isian gado-gado
Foto oleh @dickyjongjournal
Kuliner Legendaris Cikini : Gado-gado tampak dekat disajikan dalam piring
Foto oleh @dickyjongjournal

Potongan telur rebus, lontong, tahu, dan mentimun disandingkan dengan rebusan sayur kacang panjang, kangkung, dan kecambah. Diguyur bumbu kacang khas Gado-Gado Bonbin! Bumbu yang dipakai sedikit berbeda dengan bumbu gado-gado kebanyakan. Rasanya lebih gurih dan nutty, mungkin karena pemakaian kecap manis yang lebih sedikit. Sebagai pelengkap terakhir, diatasnya diberi emping melinjo.

Roti Jadul Tan Ek Tjoan

Kuliner Legendaris Cikini : Pedagang sedang menbuka gerobak dagangannya yang penuh berisi roti
Foto oleh @wimasastari

Nostalgia rasa lewat Roti Jadul Tan Ek Tjoan! Meski sekarang sudah banyak jenis roti-roti yang lebih modern, roti jadul yang satu ini masih memiliki pelanggan setia dan tetap eksis lho. Toko kue ini ada di Jalan Cikini Raya Nomor 61, Jakarta Pusat. Tapi jangan khawatir, banyak juga kok yang menjajakannya dengan gerobak seperti ini. Salah satunya ada di depan SMP Negeri 1 Jakarta. Bapak yang menjual roti mengaku bahwa ia sudah berjualan di tempat ini selama 30 tahun! Nggak heran, Roti ini masuk dafatar Kuliner Legendaris Cikini

Kuliner Legendaris Cikini : Roti Jadul Tan Ek Tjoan tersusun rapi di gerobak
Foto oleh @wimasastari

Saking banyaknya pilihan rasa yang ditawarkan, tim pergiliburan sampai bingung mau pilih rasa apa. Setelah beberapa menit, akhirnya kami memutuskan untuk membeli rasa nougat, srikaya, dan krim keju. Tiap gigitannya punya rasa manis yang pas, dengan tekstur yang agak sedikit kasar khas rot jadul.

Nah, sudah siap buat wisata kuliner di Cikini? Jangan lupa share tulisan ini ke teman liburan kamu yah, kulineran rame-rame lebih seru loh!

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menginap Seru di Mercure Jakarta Cikini, Sekalian Berburu Kuliner Legendaris!

Staycation di Tengah Kota Jakarta di Yello Hotel Harmoni!