in , ,

Kulineran di 6 Kota Ini Bisa Sambil Nostalgia Jajanan Jadul, Bikin Kangen Masa Kecil!

Coba ingat-ingat, kapan sih terakhir kamu nyemilin jajanan jadul? Seminggu, sebulan, atau malah setahun yang lalu? Kalau jaman kecil dulu, nyemilin jajanan ini mah sudah jadi kebiasaan hampir setiap hari. Tapi seiring berjalan waktu, entah kemana abang-abang yang jualan itu seperti lenyap tertelan bumi. Ahhhh, rasanya rindu sekali sama teriakan abang-abang yang menjajakan jajanan lewat depan rumah. Dari pada makin kangen, nih tim pergiliburan kasih 6 kota dengan aneka jajanan jadul yang masih eksis sampai sekarang. Yuk nostalgia bareng-bareng!

Es Potong Tempo Doeloe – Jakarta

Foto oleh @hendijajan

Sayang seribu sayang ya! Meski es potong ini memiliki banyak penggemar, penjualnya malah semakin susah ditemui. Sudah banyak sih, kedai-kedai yang menjual es potong dengan berbagai inovasi rasa yang kekinian. Tapi tetap nggak ada yang bisa gantiin kenikmatan es potong gerobak. Jika kamu sedang ada di Jakarta, di daerah Glodok City kamu bisa menemukan pedagang es gerobak yang masih setia berjualan sampai sekarang.

Es Gosrok Jadul – Yogyakarta

Foto oleh @busut3

Jajanan favorit anak-anak sekolahan di Jogja, Es Gosrok!  Buat yang belum tau, es ini terbuat dari tape singkong, kelapa, dan santan yang dicampur es gosrok atau es serut. Lagi-lagi, penjual es gosrok saat ini sulit ditemui padahal dulu banyak sekali yang berkeliling di Kota Yogyakarta. Tapi tenang, kamu yang belum pernah ngerasain segernya minuman ini, melipir langsung deh ke Jl. Abu Bakar Ali, Kotabaru, Yogyakarta. Cuma dengan harga 3 ribu rupiah, kamu sudah bisa merasakan sensasi rasa manis, gurih dan sedikit asam yang menyegarkan!

Roti Sisir Paulus – Surabaya

Foto oleh @danisatria

Meski merk-merk roti baru sudah banyak bermunculan, Roti Sisir Paulus ini masih jadi idola warga Surabaya loh! Berjaya selama puluhan tahun sebagai pioner roti sisir, jadi bikin susah move on. Roti sisir ini jadi teman setiap minum kopi atau susu hangat setiap pagi. Kalau dulu cari roti sisir di warung-warung sih gampang banget! Tapi sekarang mulai sulit, jadi kalau mau beli langsung ke pabriknya langsung di Jalan Dinoyo 154, Surabaya.

Es Puter Pak Min – Surabaya

Foto oleh @amazingindonesiafood

Populer dikalangan anak 90-an, ternyata es putar masih jadi favorit loh hingga sekarang! Meski keberadaannya mulai langka tergantikan oleh es jenis gelato dan sorbet. Campuran santan dalam adonan, bikin rasa es ini manis dan sedikit gurih. Biasa disajikan bersama potongan roti dan tambahan biji mutiara dengan pilihan rasa-rasa yang klasik. Pokoknya ngangenin deh!

Kue Cubit Asiong – Bandung

Foto oleh @lovefoodies_

Wah, kalau jajanan jadul yang satu ini masih mudah untuk ditemui kan? Karena banyak kafe yang mulai membuat inovasi kue cubit berbagai rasa dengan topping kekinian. Meski dibuat dari bahan-bahan sederhana, pecinta kue cubit nggak pernah bosan untuk membelinya. Apalagi dinikmati hangat-hangat setengah matang, teman liburan ketagihan juga nggak?

Es Payung Susu – Solo

Foto oleh @dhikanov

Kalau es yang satu ini punya nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Kadang ada yang nyebut es serut, es warna-warni, atau juga es kepal. Cara buatnya gampang banget, es batu diserut lalu dikepal hingga padat. Terakhir dikasih sirup warna-warni dan susu cokelat! Favorit anak-anak jaman dulu pulang sekolah biar nggak gerah diademin dulu pakai es serut ini.

Cireng Cipaganti – Bandung

Foto oleh @foodescape.id

Jajanan jadul asli Bandung ini bukan hanya jadi favorit anak-anak aja! Orang dewasa juga suka sekali loh. Renyah dan gurih jadi satu, makin lengkap dicocol sama saus rujak. Kini, salah satu cireng legendaris yaitu Cireng Cipaganti mulai berinovasi dengan menambahkan isian kacang di tengah-tengah cireng. Makin gurih dan bikin ketagihan nih!

Lekker Paimo – Semarang

Foto oleh @zestfulife

Kangen deh sama abang-abang yang jualan lekker tipis nan renyah di depan sekolah dulu! Kalau dulu cuma ada rasa cokelat, kini sudah ada yang rasa asin. Paimo salah satu penjual lekker yang masih hits di Semarang, membuat inovasi lekker asin dari campuran telur, sosis, kornet, dan keju. Soal rasa nggak perlu diragukan lagi, pembelinya saja sampai rela antri lama demi mengobati kangen akan jajanan satu ini.

Es Gabus Taman Bungkul – Surabaya

Foto oleh @eattemptationsbyKarena memiliki tekstur lembut seperti busa, jajanan ini dinamakan Es Gabus! Jajanan yang terbuat dari adonan tepung hunkwe, santan dan gula juga biasa disebut Es Kue. Warna-wani es gabus semakin membuat anak-anak tertarik untuk membelinya. Penjual kue ini mulai sangat jarang ditemui, meski didaerah asalnya. Jadi kalau sekalinya ketemu yang jual ini, jangan sampai kalap ya! (ma

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

comments

21 Beach, Pool, dan Cliff Club Terkece di Bali!

Siap-Siap Nonton Suzzanna Lagi! #bernafasdalamkubur !