in , , ,

Liburan Anti-Mainstream, Ikuti Tur ke 4 Tempat Penuh Misteri!

Ngaku pemberani? Cobain dong, ikutan tur ke 4 tempat penuh misteri ini. Hi hi hi hi hi… ada apa saja ya disana?

Kamu seorang yang suka berkunjung ke tempat berhantu? Tapi juga suka traveling? Wah, bisa liburan anti-mainstream nih dengan berkunjung ke tempat-tempat penuh misteri yang ada di penjuru dunia. Ikut tur mengelilingi gedung-gedung yang sudah lama terbengkalai dan ditinggalkan bisa jadi aktivitas seru selama kamu liburan. Simak yuk 4 tempat tur penuh misteri versi tim pergiliburan! Siapin mental kamu ya!

The Waverly Hills Sanatorium – Amerika Serikat

Tampak depan bangunan waverly hills sanatorium, tempat misteri
Tampak depan The Waverly Hills Sanatorium. Foto oleh @kytourism.

The Waverly Hills Sanatorium dahulu adalah sebuah rumah sakit khusus penderita Tuberculosis (TBC) yang sangat menular. Kabarnya terdapat sekitar 63 ribu orang meninggal di sanatorium ini. Penyebabnya tak lain karena pada saat itu belum ditemukan obat yang nyata untuk penyakit TBC sampai streptomisin ditemukan pada tahun 1943.

tempat misteri
Foto oleh @ghoulishmama

Selain itu, penanganan yang tidak sesuai oleh dokter yang bertugas seringkali berakibat fatal bagi pasien. Bayangkan saja, dokter terkadang memasukkan balon ke paru-paru pasien dan mengisinya secara manual dengan udara untuk membantu pasiennya bernapas. Dokter juga mengangkat tulang rusuk dan jaringan otot pasien untuk memberikan paru-paru ruang yang lebih luas. Hiiii… menakutkan ya teman liburan!

tempat misteri
Foto oleh @lennieomalza

Dulu penyakit TBC termasuk penyakit yang mematikan. Jarang sekali pasien yang masuk ke Waverly Hills Sanatorium akan bertahan hidup. Karena itu, pihak staf sanatorium membangun “body chute” atau dikenal sebagai terowongan yang digunakan untuk membawa jenazah penderita TBC. Terowongan tersebut mengarah langsung ke rel kereta api dari sanatorium. Hal ini dilakukan agar pasien-pasien lain yang masih hidup tidak melihat jenazah yang akan dibawa keluar dari sanatorium. Konon katanya, arwah-arwah dari pasien yang meninggal masih terperangkap di terowongan ini lho! Hiiii… seram!

tempat misteri
Foto oleh @ghoulishmama
Foto oleh @ghostsghouls

Ada satu lagi cerita mengenai sanatorium ini, pada tahun 1928 kepala perawat kamar 502 ditemukan gantung diri. Upaya bunuh diri ini dipicu oleh depresi atas kehamilan yang tidak diinginkan. Berselang empat tahun kemudian, kembali terjadi kasus di kamar 502. Seorang perawat melompat dari teras atap hingga meninggal. Tak ada yang tahu pasti mengapa dan siapa yang melakukannya tapi diyakini bahwa perawat itu lompat karena terdesak, dipaksa melompat oleh orang lain. Dikabarkan bahwa, orang-orang yang berkunjung kesini sering melihat bayangan perawat tersebut di dekat kamar 502.

Colcester Castle – Inggris

tempat misteri
Foto oleh @zombiezobo

Colchester Castle dahulu dibangun untuk tempat berlindung dari serangan orang-orang Skandinavia. Namun pada tahun 1200-an, kastil ini digunakan sebagai penjara bagi tawanan perang dengan kondisi kastil bisa dikatakan sangat buruk. Banyak aktivitas gaib yang terjadi di kastil ini, seperti sering terlihat penampakan prajurit yang dipercayai sebagai arwah prajurit kerajaan yang mati akibat perang.

Foto oleh makinghistorynow

Bukan hanya prajurit, sering juga muncul hantu biarawati tanpa kepala dan suara tangisan aneh di kastil ini. Terdapat sebuah ruangan yang dijadikan kapel di kastil ini, kemungkinan hantu biarawati yang muncul berasal dari ruangan tersebut. Nah, ada lagi satu insiden yang paling dikenal di kastil ini yaitu kematian seorang tahanan bernama James Parnell. Selama ia berada di dalam penjara bawah tanah, sipir penjara selalu memintanya memanjat sebuah tali untuk mengambil makanan. Satu ketika ia terjatuh dan mati. Konon, jasad Parnell dimakamkan di dalam kastil dan rohnya menghantui penjara bawah tanah kastil.

The Ohio State Reformatory – Amerika Serikat

Foto oleh @ohiostatereformatory

Ohio State Reformatory juga dikenal sebagai Mansfield Reformatory, dibangun antara tahun 1880 dan 1910. Dulunya, tempat ini dianggap sebagai salah satu penjara terbaik di Amerika Serikat. Namun pada tahun 1990, penjara ini akhirnya ditutup. Bukan tanpa alasan, selama penjara ini masih difungsikan dikabarkan lebih dari 200 tahanan tewas.

Foto oleh @johnvannorman

Dua alasan utama lain tempat ini ditutup karena para tahanan menghadapi perlakuan yang tidak pantas dan kondisi seluruh tahanan yang masih hidup sangatlah menyedihkan. Tur berhantu di tempat ini biasa dilakukan berdekatan dengan tanggal perayaan Halloween, mengajak ratusan jiwa pemberani yang ingin menyaksikan hantu di sebuah penjara yang mengerikan. Kamu termasuk salah satu yang pemberani nggak?

Foto oleh @dan_fleury_photos

Di lingkungan penjara, terdapat kuburan yang terletak di dekat gedung. Konon, seluruh tahanan yang meninggal dikuburkan disana. Beberapa meninggal karena penyakit, namun ada juga yang diperlakukan tidak layak oleh penjaga penjara, sesama tahanan, atau bahkan oleh dirinya sendiri. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa kuburan tersebut sangat sulit untuk didokumentasikan. Dipercaya kejadian tersebut terjadi karena adanya kekuatan arwah-arwah para tahanan.

Foto oleh @kiddead

Selain kuburan, hal-hal aneh juga sering terjadi di kapel gedung ini. Ketika berada di dalam kapel, pengunjung seringkali mendengar suara aneh. Diduga suara-suara itu berasal dari roh-roh yang mengintai seluruh ruangan kapel. Tak hanya itu, pengunjung juga sering merasa dicengkram oleh tangan-tangan makhluk tak kasat mata saat berusaha keluar dari ruangan.

Foto oleh @atticus0125

Blok sel timur di dalam bangunan ini ternyata pernah terdaftar sebagai kelompok sel terbesar oleh Guinness Book of Record. Lihat aja tuh penampakan blok selnya, besar sekali kan teman liburan? Sayangnya, sekarang sel-sel tersebut diketahui sangat berhantu. Salah satu sel disana pernah dijadikan tempat membakar diri oleh tahanan. Tahanan tersebut menyiram dirinya dengan minyak tanah lalu seketika membakar diri. Sebelum penjaga sampai, kulit tahanan tersebut sudah habis terbakar. Hiii… nggak kebayang ya betapa mencekamnya saat itu.

Foto oleh @lowbrowcustoms

Bagian terakhir yang menyeramkan digedung ini adalah rumah sakit penjara. Saat beroperasi dulu, rumah sakit ini seringkali gagal untuk memenuhi kebutuhan para tahanan yang sakit. Alhasil banyak tahanan yang meninggal karena kelaparan dan tidak mendapat penanganan. Sejarah yang menyedihkan dan menyeramkan itu hingga kini masih terasa. Banyak roh-roh tahanan yang meninggal, kini menghantui rumah sakit.

Rolling Hills Asylum – Amerika Serikat

Foto oleh @tonycutaia

Rolling Hills Asylum berada di Genesee, New York dan pertama kali dibuka 1 Januari 1827. Saat beroperasi tempat ini digunakan sebagai panti asuhan dan panti jompo. Seiring berjalannya waktu, tempat ini beralih fungsi menjadi rumah sakit jiwa. Sebelum akhirnya ditutup tahun 1974, Rolling Hills Asylum bahkan mulai digunakan untuk menampung narapidana. Ada sekitar 1700 dokumen kematian yang ditemukan disini. Konon, ratusan jasad yang tak memiliki keluarga akhirnya dikubur disekitar area gedung. Ada banyak kegiatan supranatural yang rasakan para pengunjung, kira-kira dimana saja ya?

Foto oleh @kasia_emerald

Pertama, ruangan yang berada di lantai satu yaitu Hattie’s Room. Di ruangan ini pernah terekam suara seorang wanita tua yang berteriak ‘halo’ oleh tape recorder. Dipercaya bahwa suara itu berasal dari mantan pasien panti jompo yang buta dan biasa berteriak ‘halo’ untuk memanggil perawat.

Foto oleh @kamicolleen

Kedua, Roy’s Room. Ruangan ini milik Roy Crouse diduga sebagai “manusia bayangan” setinggi 7 kaki yang sering menampakkan dirinya di gedung ini. Dahulu, Roy mengidap penyakit tumor di kelenjar pituitari yang membuat pertumbuhannya tidak normal.

Foto ole @hauntedhistorytrailofnys

Terakhir adalah asrama pria. Tempat ini sering disebut “Shadow Hallway“. Banyak sekali bayangan yang terlihat disini terkadang sosok tersebut menyerupai manusia sungguhan. Masuk dan keluar asrama ini lalu berjalan melintasi aula. Hantu-hantu itu sering menjulurkan tangan dan kakinya bahkan sering merangkak di lantai. Hati-hati jika sedang berada di ruangan ini, bayangan bisa saja tiba-tiba bergerak ke arahmu! Hiiii…

Gimana teman liburan? Masih ngaku pemberani buat ikut tur ke empat tempat ini? Siapin mental dan tetap ikuti aturan saat mengikuti tur ya! (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disney Aladdin, A Sweet Fairytale is Back!

4 Dessert Unik dengan Topping Boba, Apa Saja Ya?