in ,

Liburan di Saigon, Ini Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi!

Keindahan bangunan kota Saigon tidak lepas dari sejarahnya, negara bekas jajahan Perancis ini tak hanya meninggalkan cerita, namun bangunan-bangunan saksi sejarah. Tidak banyak gedung pencakar langit yang nampak di kota ini, melainkan gedung-gedung pemerintahan, pelayanan publik dan tempat ibadah yang masih memiliki arsitektur Eropa. Meskipun dibangun berpuluh-puluh tahun lalu, semua bangunannya masih terlihat mempesona. Lebih menarik lagi semua tempat wisata ini masih aktif digunakan hingga sekarang lho teman liburan! Apa saja ya? Yuk simak sedikit ulasannya sebelum kamu berlibur ke Saigon.

Notre Dame Cathedral of Saigon

Gereja ikonik berarsitektur Eropa ditengah kota Saigon
Tampak depan Notre Dame Catedral Basilica of Saigon. Foto oleh: Tim Pergiliburan.

Bangunan yang terinspirasi dari NotreDame de Paris ini terletak di Distrik 1 kota Saigon. Berdiri megah dengan ciri khas bata berwarna merah, Notre Dame Catedral Basilica of Saigon jadi salah satu ikon kota Saigon. Katedral ini dibangun pada abad ke-19 dengan nama resmi Basilika of Our Lady of The Immaculate Conception sebagai tempat ibadah komunitas Perancis di Vietnam pada saat itu. Begitu sampai di depan Katedral, teman liburan akan disambut taman kecil dengan bunga yang berwarna-warni. Berdiri juga sebuah patung Maria besar ditengah-tengah taman yang jadi lokasi favorit wisatawan untuk berfoto. Kalau teman liburan datang pada malam hari kesini, kamu akan banyak menemui penjual snack khas Vietnam seperti bánh tráng nướng dan bánh tráng trộn.

Saigon Central Post Office

Kantor pos di pusat Kota Saigon
Gedung pelayanan publik yang masih beroperasi di Saigon. Foto oleh: instagram @z33shyne.

Tak jauh dari Notre Dame Catedral Basilica of Saigon, ada juga bangunan ikonik yang biasanya ramai dikunjungi para wisatawan. Cukup dengan berjalan kaki selama semenit, teman liburan langsung sampai ke Saigon Central Post Office. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1886, namun hingga sekarang masih aktif digunakan sebagai kantor pos.

Kantor pos masih aktif beroperasi di Saigon
Penampakan dalam gedung kantor pos. Foto oleh: instagram @elle_cool.

Teman liburan bisa masuk ke dalam gedung kantor pos tanpa biaya tiket masuk karena tempat ini terbuka untuk umum. Begitu sampai didalam kamu bisa melihat beberapa orang yang menjual oleh-oleh khas Vietnam. Jika suka, teman liburan bisa membeli postcard, dicap lalu mengirimkannya kepada teman atau keluarga.

War Remnants Museum

War Remnants Museum Saigon
War Remnants Museum di Ho Chi Minh City. Foto oleh: instagram @bill1952.

Dari semua daftar tempat wisata yang ada di artikel ini, War Remnants Museum adalah satu-satunya yang menyayat hati. Kenapa begitu? Karena koleksi di dalam museum ini hampir semua berisi tentang bagaimana mencekam dan mengerikannya keadaan saat terjadinya perang di Vietnam. Meskipun begitu, museum ini patut untuk teman liburan kunjungi karena kaya akan cerita sejarahnya.

Koleksi foto War Remnants Museum Saigon
Koleksi foto di dalam museum. Foto oleh: instagram @le_sac_vert.

Di area luar museum, teman liburan akan disambut dengan koleksi pesawat terbang, senjata militer, dan tank. Sedangkan di dalam museum, kamu akan melihat koleksi foto-foto jurnalis saat perang terjadi, hampir disetiap ruangan di gedung ini. Selain itu banyak juga koleksi senjata dan barang-barang lainnya yang rusak akibat perang. Oh ya, teman liburan diharap tidak menyentuh barang-barang koleksi museum ini ya walaupun tidak ada pembatasnya!

Bến Thành Market

Jalanan di depan pasar Ben Thanh Saigon
Salah satu pasar ikonik di Saigon. Foto oleh: instagram @pelautnecis.

Terletak di jantung kota Saigon, pasar ini jadi salah satu landmark penting dan banyak dikunjungi para wisatawan. Dari depan pasar, teman liburan bisa melihat bagaimana sibuknya kota ini dipagi hari. Begitu banyak kendaraan yang hilir mudik menurunkan penumpang yang akan masuk ke pasar. Di dalam pasar teman liburan bisa menemukan berbagai macam barang yang dijual, mulai dari baju, suvenir, peralatan rumah tangga, dan makanan kering.

Penjual makanan di dalam pasar Ben Thanh. Foto oleh: instagram @pelautnecis

Ada juga kompleks penjual makanan di dalam pasar yang menjual berbagai makanan khas Vietnam. Kalau teman liburan datang ke area pasar Ben Thanh malam hari, kamu akan melihat banyak penjual baju, sepatu, suvenir, hingga makanan khas Vietnam yang tumpah ruah di jalanan sekitar pasar. Oh ya, teman liburan bisa coba salah satu Bánh mì favorit orang lokal. Tidak jauh dari pasar malam, kamu hanya perlu mencari Ngọc Quyên Jewelry dan di depan tokonya mereka akan berjualan pada malam hari. Siap-siap antri ya!

Hồ Chí Minh City Museum of Fine Arts

Pintu masuk menuju HCMC Fine Art Museum. Foto oleh: instagram @1008.ovo

Begitu sampai di depan museum ini, tim pergiliburan sangat takjub dengan arsitektur bangunannya. Pintu putih yang menjulang tinggi ini pun punya motif yang khas sehingga terlihat sangat indah. Tak cuma itu, begitu teman liburan masuk, kamu akan disambut dengan banyak sekali koleksi lukisan dan patung dengan narasi-narasi yang menjelaskan sejarah seni di Vietnam. 

Keindahan arsitektur bangunan museum. Foto oleh: instagram @gliceldar

Selama berkeliling museum, teman liburan akan menemukan banyak sekali spot instagramable dengan latar belakang gedung yang artistik. Jangan lupa ambil foto yang banyak ya!

Hồ Thị Kỷ Flower Market

Macam-macam koleksi bunga di Pasar Ho Thi Ky. Foto oleh: instagram @ardhanagb

Rekomendasi terakhir adalah Pasar Hồ Thị Kỷ, pasar bunga terbesar di kota Saigon. Ada banyak sekali jenis bunga yang dijual disini dan berwarna-warni. Harga bunganya pun relatif murah, teman liburan bisa membeli beberapa tangkai bunga untuk dibawa pulang. Jalan disekitar pasar ini cukup sempit dan padat oleh pengendara motor, jadi disarankan untuk naik bus atau ojek online. Tumpukan bunga yang dijual bisa jadi latar foto instgramable kamu disini lho! Kamu juga bisa berkeliling kawasan pasar karena banyak sekali rumah-rumah warga dengan warna vibrant yang bisa juga kamu jadikan latar belakang foto. Nggak perlu takut kelaparan ya sehabis jalan-jalan disini karena ada komplek penjual makanan juga disana. Coba makanan lokal dengan orang-orang lokal itu seru!

Itu dia tadi 6 daftar tempat wisata di Saigon yang bisa kamu kunjungi! Gimana? Ingin segera jalan-jalan ke Saigon? Jangan lupa mampir ke tempat-tempat wisata diatas ya. Sampai ketemu di artikel jalan-jalan selanjutnya! (mas)

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Kuliner Legendaris Malang, Paling Tua Sejak 1935

Chè Khánh Vy, Surganya Kudapan Manis di Saigon