in , , ,

Liburan ke Jogja? Kulineran di 8 Tempat Ini Yuk!

Liburan ke Jogja, nggak lengkap kalau nggak cobain kuliner-kulinernya. Bukan cuma gudeg dan sate klathak, masih banyak kuliner lainnya yang siap manjain lidah kamu. Mau tau dimana saja tempat lain kulineran yang wajib teman liburan coba saat di Jogja? Yuk simak rangkumannya berikut ini!

Brongkos Koyor Warung Handayani

Brongkos Koyor di Warung Handayani Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Apa sih itu brongkos? Nama brongkos masih asing bagi teman liburan yang tinggal diluar Jogja karena kuliner yang satu ini memang sulit kamu temukan di daerah lain. Brongkos adalah makanan yang sekilas mirip rawon tetapi memiliki kuah yang lebih kental karena penambahan santan. Brongkos berisi daging sapi, kacang tolo, dan tahu. Biasanya disajikan bersama nasi hangat dan pilihan kerupuk udang atau melinjo. Semangkuk brongkos ini rasanya gurih cenderung manis dengan daging sapi yang sangat empuk.

Foto oleh: Sbykulinerinfo

Selain brongkros, Warung Handayani juga menjual soto ayam, nasi rames, dan nasi pecel. Setiap harinya warung ini mulai buka pukul 07.00 sampai 16.00, cocok sekali untuk menu sarapan teman liburan saat berada di Jogja. Kombinasi sempurna antara nasi hangat dan brongkos ini dijamin buat kamu ketagihan!

Jenang Gempol Pasar Lempuyangan

Jenang Gempol di Pasar Lempuyangan
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Satu lagi pilihan sarapan ringan yang bisa teman liburan coba ketika sedang berlibur ke Jogja yaitu Jenang Gempol. Kudapan manis satu ini memang ngangeni, susah hilang dari ingatan para pecinta jajanan tradisional. Buat teman liburan yang belum tau, jenang gempol itu memiliki arti bubur dengan bulatan-bulatan tepung beras. Biasa disajikan dengan kuah santan.

Jenang Gempol Pasar Pathuk
Foto oleh: Jogjaeatguide

Berbeda sedikit dengan bubur sumsum yang biasanya berwarna putih, bubur yang digunakan untuk teman gempol disini memiliki warna cokelat yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula jawa. Tak hanya di Pasar Lempuyangan, teman liburan juga bisa menemukan kudapan ini di pasar tradisional lainnya di Jogja seperti Pasar Pathuk.

Ricuk (Rica Pincuk)

Rica Pincuk Sambal Matah
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Jogja memang surganya kuliner, setuju nggak teman liburan? Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Gudeg ini. Selain gudeg, makanan yang sedang digandrungi adalah rica-rica. Mulai dari rica enthok slenget, rica balungan hingga rica pincuk. Makan ayam rica disini sedikit unik, yang biasanya hanya memakai piring biasa kali ini memakai alas daun pisang yang dibentuk kerucut (pincuk).

Rica Pincuk dekat Tugu Jogja
Foto oleh: Wimasastari

Berlokasi di Jalan Diponegoro dekat Tugu Jogja, tempat ini menyediakan aneka macam menu mulai dari usus rica, ayam rica, ceker rica, ayam opor, kulit ayam, dan nasi bakar. Rasanya pedas namun sedikit manis, jika ditambahkan sambal matah khasnya memberikan sensasi segar saat menikmatinya. Nasi bakarnya pun super wangi dan nikmat, bisa tambah gorengan dan juga kulit ayam. Bisa jadi pilihan kuliner malam kaki lima sekitar Tugu Jogja nih!

Kopi Klotok Ikan Kriuk

Sepiring menu tradisional ditemani wedangan Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan
Suasana pedesaan terasa kental
Foto oleh: Masareev

Kalau teman liburan berencana main ke daerah utara Yogyakarta, bisa coba sarapan di Kopi Klotok Ikan Kriuk. Suasana khas pedesaan dengan bangunan joglo dan sawah yang terbentang luas di tempat ini. Begitu masuk teman liburan langsung disuguhkan dengan pilihan makanan yang disajikan prasmanan. Semuanya menu-menu tradisional, seperti sayur asem, lodeh tempe, dan olahan ikan kriuk (ikan nila, ikan wader, ikan pindang berukuran kecil yang digoreng hingga kering), oseng jantung pisang, sayur lompong, dan aneka baceman.

Nasi Teri Gejayan

Nasi Teri di Jalan Gejayan Jogja
Foto oleh: Javafoodie

Warung pinggir jalan yang terletak di ujung Jalan Gejayan ini selalu ramai pengunjung pada malam hari. Meskipun tanpa plang nama, tempat ini biasa disebut Nasi Teri Gejayan atau kalau teman liburan di Jogja biasa menyebutnya Ramesan Pak Dul. Warung ini identik dengan terinya yang gurih dan asin, dipadu dengan oseng-oseng dan sambal lombok ijo. Lauk pendamping ikan teri populer disini adalah telur goreng, pete, tempe, hingga lele goreng. Kalau teman liburan makan disini, nikmati sensasi makan diatas tikar di depan toko sambil nikmati suasana jalan kota Jogja malam hari!

Es Tape Sompel

Kedai Es Tape Sompel tampak ramai
Foto oleh: Tim Pergiliburan
Es Tape Sompel Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Kalau kamu berlibur ke Jogja saat musim panas, kedai Es Tape Sompel ini wajib untuk dicoba. Sensasi manis dan gurih satu mangkuk es tape ini mampu menyegarkan tubuh. Teksturnya lembut dengan campuran kelapa muda sangat memanjakan lidah para pecinta es rasa lokal khas Indonesia. Siang hari warung ini penuh oleh para pembeli yang ingin menikmati segarnya es tape. Selain es tape, ada juga mie ayam yang bisa kamu nikmati untuk teman makan siang.

Yammie Kranggan

Yammie enak di Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Berada tidak jauh dari kota, Yammie Kranggan bisa jadi pilihan kulineran kamu saat di Jogja. Yammie adalah sajian mie berdiameter kecil dan tipis. Ada dua pilihan yaitu yammie manis dan asin yang bisa kamu nikmati sesuai kesukaan teman liburan. Biasanya yammie disajikan bersama suwiran ayam, pangsit basah dan jamur.

Bakso Jawi Bu Miyar

Bakso Jawi Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan
Bakso Goreng favorit di Bakso Jawi Jogja
Foto oleh: Tim Pergiliburan

Siapa sih yang bisa menolak lezatnya bakso dengan kuah gurihnya yang menggoda? Kalau teman liburan sedang liburan di Jogja lalu rindu makan bakso, kamu wajib untuk coba Bakso Jawi Bu Miyar. Warung bakso satu ini terkenal akan kenikmatan bakso gorengnya, jadi kalau mampir kesini jangan lupa untuk memesan satu porsi tambahan bakso goreng. Warung ini hanya menjual tiga jenis bakso layaknya warung bakso tradisional yaitu bakso polos, bakso urat, dan bakso goreng. Bakso disini punya tekstur kekenyalan yang pas dan rasa daging sapi yang segar saat disantap. Kuahnya gurih terasa ringan dan menyegarkan. Bakalan bikin teman liburan kepincut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Taman Bunga Instagramable di Bali

Samasta Lifestyle Village, Jimbaran, Bali