in ,

Tempat Wisata Cocok Untuk Libur Tahun Baru

Sudah siap menyambut libur tahun baru?

Berencana untuk menghabiskan waktu libur tahun baru dengan berkunjung ke tempat wisata alam? Teman liburan bisa memasukkan empat tempat ini sebagai pilihan destinasi yang akan dikunjungi! Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan sembari menghilangkan penat! Sayang kalau dilewatkan! Seperti apa saja tempat wisata alamnya? Berikut ulasannya!

Pantai Wohkudu, Gunung Kidul, Yogyakarta

Tempat Wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta
Foto oleh @dinogiustiano48

Pantai yang masih jarang dijamah wisatawan ini cocok sekali teman liburan jadikan tempat menikmati liburan yang jauh dari riuhnya perayaan tahun baru. Menepi sambil memikirkan rencana apa yang akan dilakukan di tahun 2020. Letaknya yang tersembunyi, diapit dua tebing dan perbukitan, membuat suasana hening dan hanya terdengar suara debur ombak yang mendominasi. Berada cukup jauh dari kota, tepatnya di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Gunung Kidul, juga jadi salah satu alasan pantai ini menjadi kurang populer. Oleh karena itu, Pantai Wohkudu masih sangat alami dan bahkan terkesan eksklusif.

Pantai Wohkudu Tempat Wisata Gunung Kidul
Foto oleh @haniifahirbahhanii

Untuk mencapai lokasi ini teman liburan harus menempuh perjalanan menuruni bukit. Setelah sampai kamu akan menemukan lapangan yang cukup luas sebelum sampai ke hamparan pasir putih berhiaskan karang. Bukan cuma bisa bersantai dipinggir pantai, di pantai ini teman liburan juga bisa memancing dan camping lho! Warga disana sering menangkap ikan terlihat ada gubuk kecil tempat menyimpan jaring dan alat-alat memancing lainnya.

Pantai Wohkudu bisa sebagai tempat camping
Foto oleh @al.rasyd

Nah kalau camping, teman liburan bisa mencari tempat disekitar pantai. Terdapat tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan hijau yang bisa kamu gunakan. Tak ada harga khusus jika ingin camping disini, kamu cukup membayarnya secara sukarela. Fasilitas seperti toilet dan warung yang menjual makanan dan minuman sudah lengkap ada disini. Meski begitu, teman liburan harus tetap berhati-hati ya! Jangan lupa juga untuk tidak membuang sampah.

Bukit Besek, Plosorejo, Wonogiri

Puncak Besek, Wonogiri
Foto oleh @wenywend

Mbuluskan di daerah Wonogiri, teman liburan akan menemukan satu kawasan wisata bernama Bukit Besek. Bukit ini berada di Dusun Pager Gunung, Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Puncak bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 1000 mdpl dan bisa ditempuh selama dua jam perjalanan dari pusat kota Wonogiri.

Tempat wisata selfie diatas bebatuan
Foto oleh @biondasinchlair

Apa saja sih yang jadi daya tarik di Bukit Besek? Di bukit ini terdapat bebatuan yang menjorok dengan pemandangan hijau pegunungan Kecamatan Kismantoro di bawahnya. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau pohon-pohon yang terlihat dengan udara sejuk sangat pas untuk melepas lelah. Tak hanya sebagai tempat melepas lelah, perjalanan menuju  bukit yang terbilang cukup ekstrim sangat cocok untuk teman liburan yang punya jiwa petualang!

Sunrise dari Pucak Gunung Besek
Foto oleh @iqbalkhairulanam

Dari bukit ini juga teman liburan bisa melihat sunset dan sunrise yang indah dengan sangat jelas. Jika teman liburan ingin berfoto dengan latar pemandangan cantik Bukit Besek, harus sedikit berhati-hati ya karena ada jurang sedalam 50 meter disisi bukit. Bukit ini dinamakan ‘besek’ karena memiliki tebing yang berbentuk mirip besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu).

Bukit Mercury Sayang Kaak, Argapura, Majalengka

Tempat wisata di Majalengka
Foto oleh @moelyadie.die

Tak mau kalah dengan daerah lain, kini Majalengka menawarkan tempat wisata dengan spot-spot instagramable. Lokasinya bernama Bukit Mercury Sayang Kaak! Berada 1600 mdpl menjadikan lokasi ini jadi tempat yang pas untuk menikmati liburan karena hawanya yang sejuk. Nggak cuma itu, dari atas bukit ini teman liburan juga bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai yang memukau.

Spot ngopi di Bukit Mercury Sayang Kaak
Foto oleh @mmooeeeee

Awalnya tempat ini adalah bumi perkemahan tapi kini ditambahkan beberapa spot foto seperti rumah ranting, taman bunga, gardu pandang, dan yang paling diminati yaitu spot ngopi ditepi jurang. Selain untuk tempat berfoto, spot ngopi disini benar-benar digunakan untuk menikmati makanan dan minuman hangat ditemani pemandangan lembah Gunung Ciremai.

Kebun Mawar Situhapa, Sukakarya, Garut

Kebun Mawar Situhapa, Garut
Foto oleh @silfiaagustin06

Kebun bunga ini dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, dan Gunung Talaga Bodas dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Di kebun yang sudah ada sejak tahun 2012 ini teman liburan bisa melihat banyak koleksi bunga diantaranya mawar, begonia, kaktus, agave, flame of irian, dan anggrek. Bukan cuma itu, masih banyak koleksi bunga dan tanaman yang bisa dilihat karena ada lebih dari 100 jenis di kebun ini.

Tempat Wisata Labirin
Foto oleh @21_hamdani

Berada di ketinggian 1150 mdpl, membuat udara di kebun ini bersih bebas polusi. Jika teman liburan datang pada musim mawar bermekaran, pemandangannya akan sangat indah ditambah hamparan rumput hijau yang siap manjakan mata. Selain kebun bunga ada juga labirin, bisa kamu jadikan tempat bermain, seru-seruan bersama teman atau keluarga demi bisa menaklukan tantangan keluar dari labirin!

Gimana teman liburan? Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari empat tempat ini saat libur tahun baru? Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman supaya makin seru ya! Siap berangkat? Have a safe journey! (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Samasta Lifestyle Village, Jimbaran, Bali