in

Tips untuk Kamu yang Pertama Kali Naik Kereta Api. Jangan Takut, Naik Kereta Itu Seru Loh!

Walau liburan panjang sudah berakhir, gak ada salahnya dong ya untuk merencanakan liburan selanjutnya! Sebelum liburan dimulai biasanya hal-hal yang perlu dipersiapkan banyak sekali mulai dari itinerary atau rencana perjalanan untuk tempat wisata yang akan dikunjungi, memesan tempat menginap dan juga harus memikirkan transportasi yang akan digunakan. Transportasi adalah elemen terpenting dalam perjalanan liburan. Nah, untuk kalian yang ingin mencoba sensasi naik kereta api untuk liburan nanti, tim pergiliburan sudah menyiapkan tips agar perjalanan kalian aman dan nyaman. Apalagi untuk kalian yang pertama kali naik kereta api, dibaca sampai akhir deh!

Membuat Perencanaan Perjalanan

simon-migaj-547079-unsplash
Photo by Simon Migaj

Tidak dapat dipungkiri bahwa perjalanan adalah hal yang sangat penting. Jika ini pertama kalinya kamu mencoba naik kereta, pastikan hari, tanggal dan bulan keberangkatan kamu dengan pasti. Tentukan juga stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan yang tidak jauh dari tempat berangkat dan tujuan kamu. Ini penting sebab kadang-kadang satu kota/daerah punya lebih dari satu stasiun. Lalu terakhir adalah memilih kelas kereta, antara ekonomi, bisnis atau eksekutif. Ketiga kelas ini memiliki fasilitas yang berbeda tergantung dari kebutuhan masing-masing. Nah, untuk kalian yang punya budget perjalanan yang lebih, ada baiknya memilih kelas eksekutif untuk perjalanan yang jauh atau memerlukan waktu semalaman. Banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan seperti posisi tempat duduk yang nyaman serta luas dan bagasi yang tersedia cukup besar. Jangan terbuai dengan harga tiket yang super murah jika kamu ingin mendapatkan tempat yang nyaman saat di dalam kereta selama perjalanan.

Membeli Tiket Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

boarding-pass-euro-ticket-69866
Photo by Torsten Dettlaff

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, ada baiknya langsung memesan tiket. Karena tiket kereta terbatas, jangan sampai kamu kehabisan tiket di tanggal yang sudah ditetapkan. Tapi jangan khawatir, sekarang pemesanan tiket sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Kalian nggak hanya bisa membelinya di situs resmi dan loket PT KAI (Persero) tapi juga di seluruh jaringan penjualan tiket kereta api yang bekerjasama dengan PT KAI (Persero). Jadi, kalian punya waktu lebih panjang untuk persiapan dan nggak perlu takut kehabisan tiket.

Lakukan Pemesanan Lewat Online

adult-business-comfort-920382
Photo by bruce mars

Sekarang beli tiket kereta api nggak perlu pakai antri! Kalau kamu tipikal orang yang super sibuk, tapi berencana liburan menggunakan kereta api jangan khawatir lagi. Cuma dengan download aplikasi pemesanan tiket di handphone kamu, kapanpun dan dimanapun kamu sudah bisa memesan tiket. Pilihan keretanya juga beragam tergantung kebutuhan masing-masing. Asiknya lagi saat hari keberangkatan di stasiun, pencetakan tiket bisa langsung dilakukan sendiri. Mudah, cepat, dan tidak perlu repot lagi kan?

Membawa Makanan, Minuman dan Hiburan

chips-close-colors-479620
Photo by imagesthai.com

Kalau urusan makan sih gak bisa ditunda-tunda lagi! Saat kamu akan berpergian menggunakan kereta api, ada baiknya untuk menyiapkan perbekalan seperti makanan, minuman dan camilan ringan. Karena pembelian makanan dan minuman di kereta api tidak bisa langsung dilakukan saat itu juga tapi kamu harus memesannya berbarengan dengan pemesanan tiket atau disebut direstorasi kereta api. Kalau kamu nggak mau repot menyiapkan bekal, pastikan kamu sudah memesan makanan dan minuman diawal saat pemesanan tiket. Jangan sampai kalian merasa lapar atau tergiur dengan bekal yang dibawa penumpang lain.

rathish-gandhi-211551-unsplash
Photo by Rathish Gandhi

Selain makanan, yang penting lagi adalah hiburan selama di kereta api. Apalagi untuk kamu yang akan melakukan perjalanan semalaman. Kamu bisa membawa buku, game atau playlist lagu kesukaan, sebagai teman main perjalananmu!

Gunakan Pakaian yang Nyaman

bruce-mars-548725-unsplash
Photo by bruce mars

Pakailah pakaian ternyaman yang kamu miliki saat naik kereta api, tapi tetap sopan. Pakaian yang nyaman akan sangat mempengaruhi perjalanan apalagi untuk kamu yang memilih tiket kelas ekonomi dengan waktu tempuh yang lama. Bayangkan kalau kamu memakai pakaian yang tidak nyaman dan harus berbagi tempat duduk dengan pelanggan yang lainnya serta duduk berhadap-hadapan dalam waktu yang cukup lama. Pastinya gak asik banget deh!

Membawa Idenitas Diri yang Lengkap

document-driver-s-license-driving-licence-45113
Photo by Dom

Identitas diri sangat penting untuk dicek kembali sebelum berangkat menuju stasiun. Karena sebelum masuk ke ruang tunggu kereta, kamu harus menunjukkan tiket yang sudah dicetak serta identias diri (KTP, SIM, Kartu Pelajar, dll). Sesuaikan juga jadwal kedatangan kereta api, nama kereta api dan nomor tempat duduk sebelum naik kereta api. Tiket kereta juga jangan sampai hilang atau tertinggal hingga ke tempat tujuan karena saat di dalam kereta akan ada petugas yang memeriksa satu per satu tiket dari penumpang kereta.

Datang ke Stasiun Lebih Awal

buildings-city-clock-297836
Photo by Dom

Tidak ada salahnya datang ke stasiun lebih awal nih buat kalian yang baru pertama kali naik kereta api. Setidaknya satu jam sebelum jam keberangkatan kereta. Karena terkadang situasi dan kondisi pada saat itu bisa jadi tak seperti yang kamu bayangkan dan faktanya kereta api lebih sering datang tepat waktu dari pada terlambatnya. Nah, tidak mau kan ketinggalan kereta hanya karena datang terlambat ke stasiun?

Perhatikan Pengumuman dan Rambu-Rambu di Stasiun

airport-architecture-building-258450
Photo by Pixabay

Perhatikan jalur kereta yang akan kamu tumpangi, pintu naik dan pintu turun. Hati-hati juga saat naik dan turun kereta api jangan sampai salah jalur dan stasiun tujuan. Saat hendak ingin naik ke kereta api lihat batas garis kuning hitam agar kamu tidak terserempet badan kereta. Jika kamu masih bingung dengan pengumuman atau rambu-rambu yang ada di stasiun, jangan malu untuk bertanya kepada petugas. Sebab ini penting, dari pada harus nyasar dan malah salah tujuan.

Cek Barang Bawaan Kembali

bag-briefcase-business-1058959
Photo by nappy

Tips yang terakhir saat kamu sudah sampai di stasiun tujuan, pastikan barang-barang bawaan apalagi barang berharga tidak kamu tinggalkan di dalam kereta api. Cek bagasi diatas kepala kamu atau di bawah tempat duduk dan kaki kamu!
Sudah baca 9 tips untuk kamu yang baru pertama kali naik kereta api? Jika sudah, jangan lupa dipraktekan ya! Semoga liburan kalian dengan moda transportasi kereta api jadi menyenangkan dan aman. Sampai ketemu di tips-tips menarik lainnya!(mas)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

comments

Bingung Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Saat Lebaran? Yuk Intip Tipsnya Disini!

Lagi Cari Spot Foto Instagramable di Bali? Nih, 5 Tempat yang Cocok Buat Kamu!